Informasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.
Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
Dasar Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran
Kompetensi Kejuruan :
- Kerjasama dengan kolega-kolega dan pelanggan-pelanggan.
- Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
- Berkomunikasi melalui telepon.
- Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
- Mengaplikasikan dasar komunikasi.
- Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
- Menjaga dan melindungi budaya kerja.
- Melakukan prosedur administrasi.
- Menggunakan peralatan kantor.
- Menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen.
- Merencanakan dan melakukan pertemuan.
- Menangani surat masuk dan surat keluar.
- Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
- Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah.
- Menciptakan dan menghasilkan dokumen.
- Menghasilkan dokumen sederhana.
- Mengatur perjalanan bisnis.
- Memproses transaksi keuangan.
COMMENTS